Site Loader

Network Time Protocol atau lebih sering disebut dengan istilah NTP merupakan sebuah mekanisme atau protokol yang bisa digunakan untuk sinkronisasi terhadap penunjuk waktu dalam sebuah sistem jaringan dan komputer.

Pada suatu kondisi router Mikrotik bekerja berdasarkan waktu, baik itu hari, tanggal, bulan, maupun jam. Apabila anda memblokir sebuah akses internet di luar jam tertentu bisa juga memblokir situs – situs tertentu pada jam – jam tertentu.

Apabila Anda menggunakan komputer untuk di jadikan Router tidak akan ada masalah karena di Motherboard komputer sudah ada baterai yang bisa mempertahankan konfigurasi waktu. Namun jika anda menggunakan Routerboard Mikrotik yang tidak memiliki baterai internal seperti halnya komputer maka semua konfigurasi waktu akan kacau setiap kali router mengalami restart. Bagaimana cara mengatasi ketidakakuratan ini ?

Untuk mengatasi ketidakakuratan ini kita akan mengkonfigurasi Network Time Protokol (NTP). Pada package system RouterOS Mikrotik sudah terdapat fitur SNTP (Simple Network Time Protocol) Client yang bisa digunakan untuk memfungsikan Router sebagai NTP Client. Saat menyala, Router akan otomatis melakukan sinkronisasi waktu terhadap NTP Server yang ditunjuk sehingga pengaturan waktu akan tetap update. Ada banyak NTP Server di internet yang bisa digunakan. Contoh : id.pool.ntp.org , ntp.nasa.gov ,dsb. Gunakan mode=unicast.

Langkah konfigurasi NTP Client adalah:
-> klik menu system -> Cheklist pada opsi enabled -> isi Primary Address: id.pool.ntp.org dan Secondary Address: asia.pool.ntp.org -> Apply.
-> Kemudian domain yang kita masukan akan ditranslasikan menjadi IP, dan beberapa parameter di bawahnya otomatis terisi. Artinya kita sudah terhubung dengan NTP Server.

Konfigurasi NTP Client

Selanjutnya kita pastikan zona waktu pada router mikrotik kita judah sesuai dengan lokasi kita yaitu GMT+7 (Asia/Jakarta).

-> Buka menu System -> Clock. Setting Timezone-nya sesuai daerah masing-masing. Contoh untuk WIB set ke Asia/Jakarta. Kemudian klik apply. Perhatikan GMT Offsetnya harusnya sudah sesuai dengan lokasi kita. Demikian pula tanngal dan jamnya.

Konfigurasi Timezone

Post Author: admin

MikroTik Academy TKJ SMK DARUT TAQWA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *